sweet29november

terlalu lama kuberada dalam kesuraman yang diriku sendiri pun tak mengerti jelas penyebabnya. aku yang sangat menikmati berada di bawah sorotan lampu harus terpenjara dalam kesuraman. lamabat laun aku pun mulai bergeming dari keterpurukan, meraba mencari sesuatu yang bisa mencerahkan. maka pencarian akan satori pun dimulai.

satori merupakan kata yang sering dipakai dalam ajaran budha yang berarti "pencerahan".

dalam kesuraman aku mulai berkelana menyusuri dunia maya. dan membaca goresan-goresan tinta tak nyata orang-orang yang penuh inspirasi. membaca tulisan-tulisan tersebut dapat dikatakan bahwa aku telah menemukan sebuah lilin untuk menemaniku dalam pencarianku selanjutnya. dalam hal ini ku ingin mengucapkan terima kasih kepada goresan inspirasi dari fahd djibran, dewi lestari, dan reza gunawan. dalam blog mereka kutemukan kacamata baru untuk melihat 'kesuramanku' .
lalu kutemukan tambahan lilin kecil dalam perjalananku yaitu sebuah rekaman video permainan solo drum dari seorang yesaya soemantri. entah apa korelasinya dengan kesuramanku, namun aku merasa mendapat kiriman energi ketika melihat permainannya begitu bersemangat, menggebu-gebu, dan penuh penghayatan.

setelah ku puas melangkahkan kakiku di dunia maya, ku mulai membuka ayat-ayat agung yang diturunkan Sang Kuasa . aku yang telah lama alpa membacanya, yang mengatasnamakan kesuramanku sebagai kambing hitam penyebab kealpaanku. halaman pertama yang kubuka adalah ayat terakhir surat Ar-radu dan ayat pertama surat Ibrahim. lalu ku muai membaca surat Ibrahim ayat pertama. dan aku pun meneteskan air mata ketika membaca ayat agung itu. aku bagaikan disindir.
berbekal dengan keyakinanku bahwa aku tak akan merasa suram selamanya kumulai menata hati dan memakai kacamata baruku dalam memandang jalan yang terbentang di depan, jejak yang telah kutapaki di belakang dan pemandangan di kiri dan kanan yang telah kulihat.

dan satori pun telah kutemukan, aku mulai beranjak meninggalkan kesuramanku.


nb:

Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan
kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap
gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan
mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi
Maha Terpuji. QS Ibrahim :1

terima kasih ya Allah yang selalu memberiku petunjuk dalam setiap langkahku bahkan tanpa kuminta dengan layak.

-27 jan 2009-



Label: , edit post
0 Responses

Posting Komentar