sweet29november



Ku yakin pasti setiap orang pernah mengalami suatu saat dimana tindakan, tempat, dan tokoh yang saat itu tengah terjadi pernah dilalui sebelumnya entah kapan dan dimana. DEJA VU. Déjà vu berasal dari bahasa Perancis yang berarti Pernah Mengalami.

Déjà vu sendiri terbagi atas 3 jenis : Déjà vécu, yakni dimana Anda berpikir bahwa Anda pernah melakukan ucapan, perasaan, dan tindakan yang tengah terjadi, namun Anda sungguh-sungguh tidak ingat bilakah dan dimanakah hal tersebut terjadi. Kemudian ada Déjà senti (pernah merasakan) dan Déjà visité (Pernah mengunjungi) (http://www.brokencode.biz/2008/01/25/deja-vu/)

Belakangan ini aku sering sekali mengalami déjà vu. Aku sering mengetahui topic percakapan yang tengah kualami bersama beberapa orang di beberapa waktu dan tempat. Yah memang tidak detil sih yang kutau, tapi seengganya garis besar percakapannya aku tau. Beberapa waktu lalu, aku pun pernah merasa ga enak hati, entah apa penyebabnya, selama seminggu aku merasa ada sesuatu yang janggal, dan ketika aku mulai berhasil mengatasi, terungkaplah kabar buruk mengenainya, hmm. Intuisi ataukah sesuatu yang lain yah?

Berikut ini adalah tes menilai kepekaan déjà vu yang dikemukakan oleh Dr Alfred W Munzert (psikolog) (kiky mencupliknya dr dunia maya, alamatnya ga disave)

(a) Suatu saat,anda merasa,bahwa apa yang telah terjadi telah anda alami sebelumnya! Sehingga anda bertanya dalam hati, rasanya peristiwa ini pernah saya alami,tapi kapan?”.
-- Cukup sering--

(b) Anda pernah bermimpi,tenyata mimpi itu menjadi kenyataan?
-- sepertinya pernah, krn ki sering sekali bermimpi dengan setting aktivitas biasa, bertemu org2 yg biasa bertemu di rutinitas dan keseharian, membicarakan hal remh temeh, just like in real world deh--

(c) Pernahkah anda mengalami mimpi yang “benar-benar realistik?” Segala yang ada pada mimpi itu, orangnya,benda-bendanya,gerak-geriknya,seperti benar-benar hidup?
-- Yup, seperti uda dibilang di poin (b) --

(d) Ketika mengunjungi suatu tempat,tiba-tiba anda merasa sudah melihat sebelumnya.Padahal anda baru tiba untuk pertama kalinya ketempat tersebut?
-- pernah, tapi kaan klo masalah tempat, ki buta arah, ki mengakui klo kemampuan spasialku PARAH--

(e) Anda sering sudah tahu apa yang akan dikatakan seseorang sebelum dia berbicara?
-- sangat sering, like I have chatted that topic b4 –

(f) Seringkali anda merasakan kehadiran “sesuatu” yang tak terlihat namun terasa “ada”?
-- tidak, atau tidak mau merasa --

(g) Anda sering merasa tahu akan kedatangan seorang tamu,padahal si tamu belum tiba?
-- humm spertinya lum pernah --

(h) Apakah anda sering mengambil tindakan berdasarkan intuisi?
-- sangat teramat sering sekali, dan sering menyesal ketika diri sendiri tidak mempercayai intuisi itu--

(i) Ketika telpon berdering,dan ada orang lain yang telah mengangkat gagang telpon,anda tahu pasti bahwa telpon itu untuk anda?
-- hanya terkadang, soalnya yg jadi banci telpon di rumah ya Cuma aku, hehe --

(j) Pernahkah anda melihat cahaya-cahaya aneh sewaktu-waktu,misalnya cahaya seperti kilat yang putih cemerlang?
--tidak, dan sebaiknya tidak usah saja--

(k) Seringkah anda melihat ada kilasan gerak disekeliling anda,padahal setelah ditengok tak ada “apa-apa?”
--beberapa kali, tapiiii ga mau mikirin lebih lanjut --

(l) Ketika anda teringat seseorang,tak lama kemudian orang yang anda ingat tersebut benar-benar muncul?
– beberapa kali, terutama klo menyangkut orang yg sedang dikagumi/disukai --

(m) Apakah anda merasa dapat melihat cahaya-cahaya (aura) pada wajah seseorang?Misalnya cahaya cahaya cemerlang pada orang-orang tertentu?
-- tidak pernah--

(n) Anda masih ingat pada pengalaman ketika masih berusia 2-3 tahun?
--ada yang inget sdikit sekali--

(o) Suatu ketika anda bermimpi melihat seseorang.Keesokan harinya anda bertemu orang tersebut dalam mimpi?
--pernah laa, kan uda dibilang klo aku sering mimpi dg setting rutinitas biasa--

(p) Anda sering menguasai pengetahuan/keterampilan padahal anda tidak pernah sama sekali mempelajarinya?
--ngga deh, apa misalnya yaa--

(q) Ada suatu pengalaman bahwa “perasaan anda tiba-tiba tidak enak “. Beberpa hari kemudian ternyata memang terjadi hal yang tidak menggembirakan?
-- yup yup, cukup sering --

(r) Anda pernah merasa “keluar” dari tubuh?
--klo bengong?? Hmm gatau definisi keluar dr tubuh ah--

(s) Anda sering terbayang wajah seseorang,kemudian orang tsb muncul?
--seperti jawaban poin (l)--

Hmm cukup banyak juga aku menjawab sering, dan klo boleh nambahin ketika aku ingin tahu ttg sesuatu atau seseorang, tiba2 informasi yang aku butuhkan bermunculan satu persatu entah darimana saja datangnya. Begitupun ketika aku bingung memutuskan sesuatu, maka sedikit demi sedikit baik/buruknya mulai terungkap, sehingga aku bisa lbh bijak dalam menimbang.

Jadi, cukup peka-kah aku?
0 Responses

Posting Komentar